Rabu, 03 November 2010

Manusia dan Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidalmya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenilcmatan dan kebahagiaan.

Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan "risiko" hidup. Tuhan memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga memberikan penderitaan atau kesedihan yang kadang-kadang bermakna agar manusia sadar untuk tidak memalingkan dariNya

Pada saat ini manusia banyak sekali yang mengalami penderitaan dimulai dari penderitaan yang berat dan ringan. Bahkan terkadang orang yang sudah menganggap dirinya sudah tidak memiliki jalan keluar hanya bisa pasrah dan ada pula yang berani mengakhiri hidupnya secara sia-sia hal tersebut terjadi karena orang tersebut berpikir tidak memiliki kuasa atau jalan keluar lagi yang bisa mengatasi permasalahannya padahal perbuatan itu sangatlah dibenci oleh ALLAH SWT.
Oleh karena itu walaupun kita tidak bisa menghindar dari namanya penderitaan namun kita harus percaya dan tanamkan sikap optimis dalam diri kita kalau kita dapat melewati semua penderitaan ini dan selalu mengingat ALLAH SWT.

Tidak ada komentar:

PERSIJA

PERSIJA